Rabu, 11 April 2018

KETANGGUHAN SANG LEGEND SUZUKI RGR 150 SSS


Suzuki RGR 150 terbilang jarang di kalangan adu balap malam masa kini. Tapi, lain cerita bagi Anes Astinar Armi, sang pemilik motor yang tenar di era 90-an. Niat doi ngoprek motor kesayangannya itu untuk ngasepin Kawasaki Ninja 150, bor! Bahkan nih Suzuki RGR 150 kalahkan Kawasaki Ninja 150 dan Honda NSR150.
“Waktu itu sudah sempat diadu melawan Kawasaki Ninja 150 dan Honda NSR150, hasilnya memuaskan, finish duluan. Sekarang lagi nyeting lagi nih, buat pertajam kecepatannya,” beber Amry Rafal akrab disapa Brobot, mekanik bengkel Rafal Jaya Motor. Kita bongkar oprekannya Suzuki RGR 150 yang kalahkan Kawasaki Ninja 150 dan Honda NSR150.
HEAD
Jurus Suzuki RGR 150 kalahkan Kawasaki Ninja 150 dan Honda NSR150 tidak memapas head dan mengubah squish. Jadi, masih mempertahankan kondisi standar. “Ini gak gue ubah karena motor gak bisa main kompresi tinggi. Kalau kompresinya dibikin tinggi, hasilnya menang torsi saja, atas kurang. Mending low kompresi, prower terus ngisi sampai atas,” cetus mekanik di Jl. KH. Usman No. 50, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat.
BLOK SILINDER
Cuma ngandelin seher standar oversize 100, diameternya 60 mm. Sedangkan oprekan di sektor ini, exhaust dibikin tinggi 27 mm dan lebar 40 mm. Sementara transfer port, hanya di-polish. Untuk stroke, masih tetap standar dengan tinggi 54 mm. Dengan oprekan yang diterapkan, kompresi mesin terukur jadi 5,2 : 1.
KARBURATOR
Untuk pengkabutan, pakai Keihin PJ Selenoid dengan venturi selebar 38 mm. Sementara setingan pilot dan main jet, dipatok ada angka 58/155. “Sayangnya, solenoid tidak aktif, karena rangkaian sensornya belum ada. Kalau sudah aktif, bisa lebih tajem lagi nih,” tambah Brobot.
PENGAPIAN
Comot pengapian milik Suzuki RM85 komplit bro. Ini dilakukan untuk dapetin pengapian yang besar. Bahkan, timing pengapian juga dibikin tinggi 11,5 derajat. Menurutnya, dengan timing pengapian yang tinggi, bisa mengimbangi kompresi mesin yang rendah. Jadi, walaupun low kompresi, dibeset tetep galak bro!
(www.motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Php scrip

satriaboy php script a href="">